Bengkulu Utara paling Parah

15 09 2007

211.jpgAsep Moh. Muhsin-Tagana Cianjur

Kerusakan terparah akibat gempa Bengkulu terjadi di Bengkulu Utara, bukan di Kabupaten Mukomuko, seperti yang diperkirakan sebelumnya. Hal ini diungkapkan Menteri Sosial Bachtiar Chamsyah kepada tagana.wp.com di jakarta, Sabtu (15/9).

Mensos mengatakan, di Kabupaten Bengkulu Utara, jumlah rumah yang hancur atau rusak total mencapai lebih dari 1.400 rumah dan 2.000 lebih rusak berat. Sedangkan di Kabupaten Mukomuko, yang lebih dekat dengan pusat gempa, hanya tercatat 184 rumah rusak berat dan 331 rusak ringan.

Berdasarkan data Depsos, jumlah korban meninggal tercatat sebanyak 17 orang, terdiri dari 13 orang di Bengkulu dan Sumatra Barat sebanyak empat orang. Mensos mengatakan, pihaknya kesulitan menyalurkan bantuan karena korban gempa terpencar dan tidak berada di tempat pengungsian.

Sementara itu, Perusahaan Listrik Negara memastikan hampir 90 persen kerusakan jaringan listrik di Bengkulu, akibat gempa sudah diperbaiki. Direktur SDM dan Organisasi PLN Djuanda Nugraha Ibrahim mengatakan, perbaikan seluruh kerusakan untuk kawasan Bengkulu ditargetkan akan selesai hari ini.

Sebaliknya Djuanda mengakui dari tujuh lokasi pembangkit listrik di sejumlah kabupaten di Mentawai, enam di antaranya belum dapat diperbaiki. Saat ini baru satu pembangkit yang sudah diperbaiki, yakni di ibukota Kabuparten Tuapejat. Di kawasan ini, 60 persen jaringan listrik rusak.

Rencananya, Djuanda menambahkan, PLN akan mendatangkan tiga genset dari Padang, Sumatra Barat, serta mendatangkan 10 ahli distribusi jaringan dari PLN Jawa Barat untuk mempercepat normalisasi jaringan listrik. Diharapkan, pada tiga hari ke depan, perbaikan jaringan listrik di Mentawai akan selesai


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: