KANTOR SATKORLAK MUKOMUKO DISERBU KORBAN GEMPA

16 09 2007

tagana5.gif

Irwan MaulanaTagana Bengkulu 

Warga korban gempa di Kabupaten Mukomuko, Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu, mendatangi Kantor Satuan Koordinasi Pelaksana (Satkorlak) Bencana setempat, Ahad (16/9) sekitar pukul 10.00 WIB. Mereka mempertanyakan distribusi bantuan yang tidak merata kepada warga korban gempa. Misalnya, bantuan ke warga korban gempa di pinggiran kota lebih sedikit dibandingkan yang di dalam kota.

Aksi warga korban gempa ini sempat memanas. Adu mulut dengan petugas Satkorlak terjadi. Bahkan sempat terjadi perkelahian warga dengan kepala desa. Warga mempertanyakan kenapa kepala desa tidak memberikan data-data sesungguhnya berapa korban gempa, rumah yang rusak dan warga yang mengungsi.

Selain bantuan makanan dan obatan-obatan, warga korban gempa membutuhkan tenda. Apalagi, hingga kini, warga belum berani kembali ke rumah warga karena gempa susulan masih terus terjadi. Hari ini sudah tiba 50 set tenda besar bantuan dari Departemen Sosial. Diperkirakan setiap tenda mampu menampung 70 hingga 100 orang. Diharapkan, Senin besok, tenda-tenda tersebut telah didistribusikan ke wilayah-wilayah yang membutuhkan.

Sejauh ini, Satkorlak mencatat, gempa telah menewaskan enam orang, empat luka berat dan 10 luka ringan. Gempa juga telah mengakibatkan 2.515 rumah rusak berat, 1.679 sedang dan sisanya rusak ringan. Total rumah yang rusak akibat gempa ini tercatat sebanyak 4.700 rumah. Sedangkan fasilitas umum yang rusak terdiri dari sembilan puskesmas, dua pos pembantu dan 52 sekolah serta satu jembatan, menara dan jalan raya.

Sementara itu di Pesisir Selatan, Sumatra Barat, aliran listrik yang terputus akibat gempa tengah dalam perbaikan. Kabel-kabel yang kusut diluruskan dan tiang-tiang yang rubuh ditegakkan kembali. Gubernur Sumatra Barat menargetkan aliran listrik di seluruh wilayah Sumbar yang terkena gempa sudah normal kembali pada Senin besok(IM)


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: