Gempa 5,4 SR Guncang Blitar

22 10 2007

Puluhan warga di permukiman nelayan di Pantai Serang, Kecamatan Panggungrejo, Kabupaten Blitar, Jawa Timur, panik menyusul terjadinya gempa tektonik berkekuatan 5,4 pada skala Richter (SR), Minggu (21/10) pagi.

Mereka berhamburan keluar rumah begitu merasa ada guncangan dengan durasi kurang dari 10 detik. Nardi, 35, warga Serang mengira gempa tersebut berhubungan dengan aktivitas Gunung Kelud di Kediri.

“Ada juga yang mengangggap akan terjadi gelombang pasang tsunami, kita masih terus siaga,” kata Trisno yang dihubungi melalui telepon seluler, Minggu (21/10).

Namun, hingga pukul 15.00 WIB, menurut dia, kondisi laut Blitar selatan tetap normal. Guncangan gempa juga terasa di Kota Blitar. Sejumlah warga Kelurahan Karang Tengah, Kecamatan Sananwetan, mengaku sempat merasakan dampak gempa tersebut.

“Saya mendengar perabot rumah bergetar, kami kira Gunung Kelud meletus, apalagi pagi itu kondisi awal agak gelap,” kata Karomah, 35, warga Perumahan Puri Kenari Asri, Karang Tengah, Kota Blitar.

Meski demikian, hingga Minggu siang belum ada laporan kerusakan serta korban akibat gempa di Blitar yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Kediri itu.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Tagana dari Badan Meteorologi dan Geofisika, Pos Sawahan Nganjuk, gempa terjadi di kedalaman 10 kilometer di bawah permukaan Laut Jawa atau 115 kilometer barat daya Kota Blitar. Posisi gempa berada pada 8,86 derajat lintang selatan dan 111,48 derajat bujur timur. Gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Sebelumnya, gempa juga terjadi di Blitar pada 11 Oktober 2007 lalu dengan kekuatan 5,5 SR pada kedalaman 30 kilometer di 120 kilometer baratdaya Kota Blitar.

Di tempat terpisah Petugas Pos Pantau Gunung Kelud di Dusun Margomulyo, Desa Sugihwaras, Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri, Umar Rosadi mengatakan pihaknya belum bisa memastikan apakah gempa tersebut ada hubungannya dengan aktivitas Gunung Kelud.

“Tapi perkiraan kami, gempa di Blitar lebih terkait aktivitas lempeng bumi,” katanya.

Sementara itu, dari pukul 06.00 hingga pukul 12.00 WIB aktivitas kegempaan Gunung Kelud relatif menurun. Tidak dirasakan gempa tremor. Namun, terekam satu kali gempa vulkanik dan empat kali gempa tektonik. Sedangkan suhu air kawah Gunung Kelud pada kedalaman 15 meter masih tetap tinggi, yakni 38,2 derajat celcius. Sedangkan suhu kedalaman 10 meter dan permukaan air masing-masing 37,4 dan 36,3 derajat celcius. Cuaca di sekitar kawah cerah berawan.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: