Gunung Kelud Masih Awas

22 10 2007

Badan Vulkanologi dan Mitigasi Bandung hingga Senin (22/10) siang ini masih menetapkan status awas terhadap Gunung Kelud, Kediri, Jawa Timur. Beberapa gempa vulkanik dan tektonik juga terjadi sepanjang hari ini. Suhu air kawah masih berkisar 38,3 derajat Celcius jauh dari angka normal yang mencapai 33 derajat Celcius.

Beragam antisipasi jika sewaktu-waktu Gunung Kelud meletus telah disiapkan. Salah satunya tanggul setinggi 20 meter di Sungai Bladak. Sungai ini menjadi sungai aliran lahar terbesar yang berjarak delapan kilometer dari puncak gunung. Terdapat pula cekdam atau bendungan untuk menahan material vulkanis yang terbawa lahar. Dengan demikian diharapkan hanya air yang mencapai kantong lahar di kawasan Ponggok.

Sementara itu, seluruh sekolah yang sempat menjadi penampungan pengungsi Gunung Kelud sudah memulai aktivitasnya. Salah satunya adalah SD Yayasan Badan Pendidikan Kristen Purworejo. Siswa tetap semangat meski belajar dalam kondisi sekadarnya. Siswa kelas 1 dan 2 bahkan terpaksa belajar di halaman karena kekurangan ruangan.

 

Laporan : Yusep Yuswandi – Tagana Cianjur


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: