Tim SAR Mahameru Dekati Puncak Kelud dan Kelud Mulai Menurun

25 10 2007

071025bkelud-sar.jpg

 

Status awas Gunung Kelud di Kediri, Jawa Timur, ternyata tak menghalangi tiga anggota search and rescue (SAR) Mahameru untuk mendekati puncak Gajah Mungkur atau puncak tertinggi Gunung Kelud, Rabu (24/10). Mengendarai sepeda motor, mereka melalui rute yang tidak biasa dilewati dengan menempuh perjalanan hingga berjam-jam.

Perjalanan kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki untuk mencapai puncak gunung setinggi 1.731 meter itu. Dengan perbekalan seadanya, mereka memanfaatkan air lumut untuk menjaga kondisi tubuh.

Setelah menempuh perjalanan selama enam jam, tiga anggota SAR Mahameru berhasil mencapai punggung tertinggi Gajah Mungkur. Sayang, perjalanan menuju kawah Kelud terhambat oleh tebalnya kabut yang menutup jarak pandang.

Selama memantau, tim SAR Mahameru masih mendapati burung Elang yang terbang di atas kawah Kelud. Tanda alam ini menunjukkan tidak adanya gas beracun di sekitar kawah, termasuk tak adanya gempa yang bisa dirasakan secara fisik

 

Hingga Kamis (25/10) petang, status Gunung Kelud di Kediri, Jawa Timur, masih awas. Tim Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Bandung akan mengevaluasi hingga tiga hari mendatang guna menentukan status gunung yang berketinggian 1731 meter dari permukaan laut itu.

Data terakhir tim pemantau Gunung Kelud di Margomulyo, Ngancar, sepanjang hari ini terjadi lima kali gempa vulkanik dangkal dan dua kali gempa tremor. Sedangkan suhu danau kawah pada kedalaman 15 meter mencapai 38,8 derajat celcius. Data itu menunjukkan dalam dua hari ini aktivitas Gunung Kelud mulai menurun.

Menurut Ertanto, Kepala Bidang pengawasan dan Penelitian Gunung Api, bila
kondisi Gunung kelud tetap seperti hari ini, kemungkinan statusnya akan turun menjadi siaga


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: