Presiden Akan Beri Penghargaan kepada Tagana

16 11 2007

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memuji atas kehadiran dan kerja keras Taruna Siaga Bencana (Tagana) dalam membantu korban dan menanggulangi bencana alam yang terjadi di sejumlah daerah di Tanah Air. “Pujian kepala negara itu harus dapat dipertanggungjawabkan dengan meningkatkan profesionalisme dalam membantu tugas kemanusiaan,” kata Menteri Sosial Bachtiar, Chamsyah di Pantai Kuta, Kabupaten Badung, Bali, Sabtu (3/11).

 

Ketika membuka Gladi Lapang Penanggulangan Bencana Alam dan Apel Taruna Siaga Bencana (Tagana) se wilayah Nusa Tenggara yang melibatkan 651 orang, Mensos mengatakan, Presiden Yudhoyono akan memberikan penghargaan kepada Tagana yang dinilai telah menunjukkan prestasi yang gemilang. “Kita masih mencari waktu yang tepat, kapan dan di mana penghargaan itu bisa diserahkan kepada anggota Tagana yang berhak menerimanya,” ujar Bachtiar Chamsyah.

 

Sementara Direktur Bantuan Sosial Korban Bencana Alam Depsos, Rusli Wahid menambahkan, pihaknya telah memberikan pelatihan penanggulangan bencana alam yang berbasis kemasyarakatan sedikitnya kepada 19.500 orang di seluruh daerah di Tanah Air. Mereka terhimpun dalam wadah Tagana dan perekrutan serupa juga dilakukan oleh masing-masing Pemprop hingga totalnya telah mencapai sekitar 30.000 orang, diharapkan dapat ditingkatkan menjadi sedikitnya 40.000 orang dalam tahun 2008.

 

Upaya perektrutan yang terus diintensifkan, baik oleh pemerintah pusat, Pemprop, Pemkab dan Pemkot, karena jumlah Tagana dinilai masih kecil dibanding penduduk Indonesia mencapai 210 juta jiwa. Oleh sebab itu Pemprop, Pemkab dan Pemkot di era otonomi daerah ini hendaknya lebih berinisiatif melakukan perekrutan anggota Tagana melalui pelatihan, tanpa harus menunggu dana APBN lewat Departemen Sosial. “Indonesia yang terdiri atas negara kepulauan belakangan rawan terhadap berbagai bencana alam membutuhkan sedikitnya satu juta Tagana,” ujar Rusli Wahid.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: